Kajian Barat terhadap al-Qur’an dan Hadis

Selamat datang di blog MENGAJAR,
Semester ini,salah satu  mata kuliah yang saya asuh di FU-TH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah Kajian Barat terhadap al-Qur’an dan Hadis. Mata kuliah ini lebih khusus dari sekedar kajian tentang Orientalisme secara umum, karena kita tidak akan memperbincangkan pemikiran, metode/pendekatan. motif, ataupun sikap kita sebagai muslim terhadap bidang kajian Islam secara umum yang dibahas oleh tokoh-tokoh Barat yang non-Muslim, tetapi kita lebih berfokus pada kajian mereka terhadap al-Qur’an dan Hadis yang menjadi pusat kajian jurusan Tafsir dan Hadis.

Memang al-Qur’an dan Hadis telah dikaji banyak sarjana, baik Orientalis atau sarjana Muslim sendiri, yang menjadikan keduanya sebagai sumber untuk menggali aspek-aspek pemikiran Islam lainnya seperti teologi, hukum, sastra, dan lain sebagainya. mengingat luasnya cakupan bidang kajian yang termasuk studi Islam secara umum tadi, maka kajian ini hanya akan dibatasi pada gagasan intelektual kalangan orientalis dalam mengkaji al-Qur’an dan Hadis sebagai sebuah disiplin akademik, yang lebih tepatnya disebut sebagai Qur’anic Studies dan Hadis Studies. Jikapun masih ada ketertarikan untuk membahas aspek lain di luar dua bidang kajian, yang sebenarnya masih saling terkait tersebut, maka mahasiswa masih bisa melakukan kajian baik yang menyangkut bidang kajian studi Islam secara umum ataupun konsep-konsep orientalisme secara lebih umum lagi, yang tidak saja menyangkut bidang kajian Islamologi.

Untuk itu, pembagian pembahasannya dapat dibedakan menjadi tiga kategori:
1. Kajian Orientalis terhadap al-Qur’an/tafsir (Qur’anis Studies),
2. Kajian Orientalis terhadap Hadis (Hadis studies)
3. Kajian Orientalis tentang Orientalisme secara umum, atau aspek-aspek kajian Islam di luar Tafsir Hadis, serta kritik-kritik Sarjana Muslim terhadap Orientalisme.

Untuk itu, sebagai panduan di tahun kedua saya mengasuh mata kuliah ini, beberapa tokoh orientalis memang sudah dikaji oleh para mahasiswa tahun lalu, seperti dapat dilihat dalam bagian PENDAHULUAN buku saya yang dapat anda akses di link berikut:

https://anwarsy.files.wordpress.com/2012/01/kajian-orientalis-thd-al-quran-hadis.pdf

Untuk daftar nama tokoh orientalis yang bisa dibahas akan disertakan dalam posting blog ini berikutnya.

TUGAS
1. Mahasiswa diharuskan mengambil salah satu kajian dari tokoh-tokoh tersebut, atau tokoh lain menurut pilihannya sendiri.
2. Aspek-aspek pembahasan yang wajib untuk dimuat dalam makalah adalah tentang (1) pemikiran tokoh tersebut, (2) metode/pendekatan yang dilakukan, (3) motivasi yang melatarbelakangi, (4) Sikap kita terhadap gagasan tersebut.
3. Tugas dilakukan mandiri atau berkelompok (maksimal 2 orang untuk kelompok).
4. Tugas dipresentasikan di depan kelas untuk mendapatkan tanggapan dari FLOOR.
5. Setelah presentasi, tugas direvisi sesuai saran/tanggapan dalam diskusi.
6. Nilai didasarkan pada kehadiran (10%) aktivitas dalam floor diskusi (20%), presentasi makalah (30%), dan makalah akhir hasil revisi (40%).
7. Setiap ketidakhadiran akan mendapatkan pengurangan nilai 5 poin dari maksimal 100 poin kehadiran.
8. Berikut jadwal perkuliahan sementara:

Selasa, 04-09-2012 Dosen: Kontrak Kuliah
Selasa, 11-09-2012 Dosen: Pengantar Perkuliahan

Selasa, 18-09-2012 Kelas A: Ahmad Fauzan & Fiqri A (A.J. Arberry), Ahmad Baiquni (R. Bell), Kelas B: Menyusul

Selasa, 25-09-2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: